Langsung ke konten utama

ChatGPT Mendunia, Google tak Tinggal Diam

Chat gpt vs Gemini

ChatGPT salah satu teknologi yang sedang hangat di bicarakan satu tahun terakhir. Chat GPT yang diluncurkan per november 2022 oleh perusahaan OpenAI langsung menjadi perhatian publik karena kehebatan dari Chat GPT tersebut.

Apa itu Chat GPT?

ChatGPT yang meruapakan singkatan dari Generative Pre-training Transformer adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Teknis sederhananya adalah seperti kita bertanya dengan guru di kelas, tetapi di Chat GPT kamu bertanya kepada AI dan secara otomatis memperoleh jawaban dalam waktu singkat.

Menurut OpenAI, ChatGPT memperoleh 1 juta pengguna hanya dalam waktu 5 hari setelah diluncurkan pada November 2022. Sebagai perbandingan, Instagram membutuhkan waktu sekitar 2,5 bulan untuk mencapai 1 juta unduhan. Sedangkan Netflix harus menunggu sekitar 3,5 tahun untuk mencapai 1 juta pengguna ( explodingtopics.com, Februari 2024).

Google Luncurkan Gemini 

Google tak tinggal diam, sebagai perusahaan raksaksa yang memiliki google search engine, gmail, gdrive, google asisten, dan masih banyak lainnya merespon munculnya chatGPT. Dikutip dari Wire.com Google resmi mengubah nama chatbot Bard menjadi Gemini. Perubahan ini diumumkan CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai, lewat postingan di blog perusahaan.

Bard merupakan chatbot kecerdasan buatan (AI). Bard AI dibangun dengan mengadopsi Language Model for Dialogue Applications (LaMDA), sebuah large language model (LLM) yang diciptakan oleh Google. LaMDA memungkinkan Bard AI untuk memiliki kapasitas dalam mengenali, menerjemahkan, memprediksi, dan menghasilkan teks dan konten lainnya dengan kemampuan yang luar biasa.

Chatbot Gemini diluncurkan dengan gaya chatGPT. Sebenarnya banyak sekali fitur yang ada di Gemini, tapi yang menjadi perhatian adalah dia bisa menjawab pertanyaan dalam bentuk teks, voice, dan image seprti chatGPT OpenAI. Walaupun di chatGPT sendiri sudah meluncurkan GPT-4 yang di dalamnya terdapat DALL.E dimana kita bisa membuat gambar hanya dari teks.

Google mengabarkan bahwa Gemini akan dibuatkan aplikasi sendiri yang bisa berjalan di android dan IOS. Kemudian Gemini akan dimasukan kedalam aplikasi utama google. Ini akan sangat luar biasa, semakin lengkap ekosistem yang google miliki.

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Bahasa Pemrograman Bagi Pemula

  Rekomendasi Bahasa Pemrograman Bagi Pemula           Pada tahun 2024, pilihan bahasa pemrograman untuk pemula di bidang backend dan frontend masih sangat dipengaruhi oleh tren industri dan kebutuhan pengembangan perangkat lunak. Berikut adalah rekomendasi untuk bahasa pemrograman frontend dan backend yang cocok untuk pemula pada tahun 2024: Backend Node.js (JavaScript/TypeScript) Kelebihan: Menggunakan JavaScript di sisi server, memungkinkan pemula menggunakan satu bahasa (JavaScript/TypeScript) untuk frontend dan backend. Alasan: Node.js populer untuk aplikasi skala besar dan microservice , serta memiliki ekosistem yang besar. Python Kelebihan: Sintaksis yang mudah dipahami, digunakan dalam berbagai konteks pengembangan termasuk backend. Alasan: Python terus berkembang sebagai pilihan bahasa pemrograman untuk backend, selain itu juga masih banyak menjadi pilihan dalam pengembangan web dengan framework seperti Django atau Flask sehingga cukup belajar satu bahasa bisa untuk backend

Profesi Software Quality Control

     Software Quality Control (SQC) adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan selama proses pengembangan perangkat lunak untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Tujuannya adalah untuk mendeteksi dan mengoreksi cacat ( defect ) atau ketidaksesuaian sejak awal, sebelum perangkat lunak dirilis atau diimplementasikan. SQC melibatkan inspeksi, testing, dan evaluasi berbagai aspek produk perangkat lunak. Dari definisi singkat SQC kita sedikit kegambar apa yang dikerjakan seorang QC. Peran yang sangat dominan dari seorang QC ada pada software testing, kita akan ulas lebih banyak mengenai software testing, apa saja jenisnya, dan seperti apa proses yang dilakukan. Software Testing Software testing adalah proses evaluasi software untuk memastikan bahwa software yang sudah dikembangkan memenuhi persyaratan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Tujuan utama dari software testing adalah untuk mengidentifikasi cacat atau bug dalam software dan memasti

Tips Belanja Online Aman Tanpa Tipu

Belanja Online Aman     Belanja online sudah menjadi tren dikalangan masyarakat. Tingkat kepercayaan belanja di situs online sudah lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya, itu terbukti dari sebaran masyarakat yang melakukan belanja online tidak hanya dari masyarakat kota tapi juga masyarakat desa. Kemajuan ini tidak terlepas dari akses internet yang sudah mulai merata masuk ke pelosok desa. Seiring dengan meningkatnya belanja online, kejahatan di dunia maya yang masuk di situs belanja online juga semakin ber-variatif. Oleh karena itu di artikel ini kita coba jelaskan apa saja contoh kejahatan di dunia maya dan tips belanja online aman tanpa tipu. Jenis Kejahatan di Dunia Maya      Ada beberapa jenis kejahatan di dunia maya yang terkait dengan belanja online. Beberapa di antaranya melibatkan penipuan, pencurian identitas, atau tindakan merugikan lainnya terhadap konsumen. Berikut adalah beberapa jenis kejahatan di dunia maya terkait belanja online: Penipuan Pembayaran:  Penipuan pem